Menuntun Anak ke Surga

Menuntun Anak ke Surga



Anak adalah aset terbaik orang tua. Keberhasilan mendidik anak menjadi anak-anak yang shalih/shalihah merupakan modal amal bagi kedua orang tua yang akan terus mengalir meski mereka telah tiada, sebagaimana hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah dari Nabi shallallahu alaihi wasallam: “Ketika seorang manusia meninggal dunia, (pahala) amalnya terputus, kecuali (pahala) amal tiga hal: sedekah jariyah, ilmu yang bermanfaat dan anak shalih yang mendoakannya.” (HR Muslim).

Telah seringkali dibahas dalam banyak buku dan kajian, kewajiban anak berbakti kepada orang tua serta berbagai aspek yang terkait dengannya sebagai konsekuensinya. Namun yang masih jarang dibahas adalah bagaimana memenuhi hak-hak anak, mendidik mereka agar menjadi anak-anak yang shalih dan shalihah yang pada gilirannya akan menjadikan mereka berbakti kepada kedua orang tuanya.

Dalam buku ini, penulis berusaha menuangkan bagaimana mendidik anak dan memenuhi hak-hak mereka dalam konteks kekinian, dimana kaum Muslim hidup di zaman yang penuh fitnah, dengan serbuan modernisasi, informasi dan gaya hidup dunia Barat yang memasuki rumah-rumah kaum Muslimin hingga tidak jarang memporakporandakan sendi-sendi kehidupan keluarga, menjadikan anggota keluarga menjadi individu dengan dunianya masing-masing. Banyak orang tua yang tidak menyadari bahwa pembangkangan anak terhadap ayah ibunya juga adalah akibat yang didapatkan di dalam rumah yang telah beralih fungsi dari taman pendidikan menjadi sekedar kandang untuk penggemukan badan.

Yang berbeda dari buku ini adalah penjelasan mengenai pendidikan anak yang dirinci pada beberapa fase, mulai dari tahap persiapan perkawinan, persalinan hingga fase-fase pertumbuhan anak yang tentu saja memerlukan pendekatan yang berbeda sesuai dengan perkembangan tingkat pemahamannya serta interaksinya dalam dunia pergaulan yang semakin melebar keluar rumah. Penulis menggunakan pendekatan psikologis dalam menjelaskan kewajiban- kewajiban yang lebih bersifat aplikatif sehingga lebih mudah untuk diterapkan dalam konteks kehidupan saat ini, dengan tentu saja tetap berlandaskan syariat Islam.

Dengan pendekatan yang sama, pada bagian kedua, penulis memaparkan secara singkat kewajiban-kewajiban aplikatif anak terhadap orang tua berdasarkan fase-fase kehidupan mereka. Sebuah buku yang layak dibaca oleh anggota keluarga, untuk membangun interaksi yang sukses antara orang tua dan anak.
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Menuntun Anak ke Surga"

Posting Komentar

Copyright 2009 LOVERS of WISDOM
Free WordPress Themes designed by EZwpthemes
Converted by Theme Craft
Powered by Blogger Templates