STKIP Bima Terbakar

Kampus STKIP Bima Terbakar


Peristiwa kebakaran kembali terjadi di Kota Bima, Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Belum sebulan berselang terjadinya kebakaran Mini Market HOKKI MART lantai 3 di sekitar Komplek Pertokoan Kota Bima, peristiwa kebakaran kali ini menimpa bangunan gedung berlantai 1 di Kampus STKIP (Sekolah Tinggi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan) Bima, yang terletak di Kelurahan Mande Kecamatan Mpunda Kota Bima, Senin (8/10/2012) dinihari.
Menurut orang-orang yang lagi menyaksikan kobaran api di lokasi kampus STKIP Bima, kebakaran diperkirakan terjadi mulai pukul 01.00 Wita dinihari. Kata orang-orang yang tinggal di dekat kampus STKIP Bima, mereka mengetahui Kampus STKIP Bima terbakar ketika dengar suara teriak kebakaran dari pengendara sepeda motor.
Sesaat kemudian terdengar suara sirine mobil pemadam kebakaran yang muncul di lokasi kebakaran. Para warga yang tidak menyebutkan identitas dirinya di lokasi kebakaran tersebut bercerita, bahwa saat mereka menuju TKP (Tempat Kejadian Perkara) mereka melihat kobaran api sudah menyapu 5 lokal ruangan yang menghadap ke selatan.
Akibat dari kebakaran tersebut, menghanguskan sebanyak 5 lokal ruangan yang terdiri dari ruang kuliah, ruang Program Studi (Prodi), dan ruang Sekretariat Com, sehingga yang tersisa hanya dinding ruangan saja. Atap bangunan, isi ruangan, pintu, jendela, dan kaca-kaca telah hangus dijilat kobaran api.
Pantauan BeritAnda.com di TKP, Senin (7/10/2012) dinihari sekitar pukul 01.30 Wita, kobaran api masih membumbung tinggi menutupi 5 lokal gedung kampus tersebut. Sementara 4 unit mobil pemadam kebakaran Dinas Tata Kota Dan Perumahan Kota Bima ditambah 1 unit mobil tangki air Dinas Kebersihan, Pertamanan, dan Pemakaman Kota Bima terlihat bolak balik beberapa kali mengisi air untuk memadamkan api.
Peristiwa kebakaran gedung STKIP Bima itu disaksikan oleh hampir seluruh masyarakat Kelurahan Mande dan Sadia, termasuk para mahasiswa/mahasiswi yang kost di Kelurahan Mande dan Sadia. Selain itu, masyarakat dari luar Kecamatan Mpunda juga berdatangan ke TKP karena ingin melihat secara langsung peritiwa terjadinya kebakaran gedung STKIP Bima. Tidak terkecuali, puluhan orang personel Polres Bima Kota dan beberapa orang anggota TNI Dandim 1608 Bima ikut berjaga-jaga dan mengawasi di sekitar TKP kebakaran.
Beruntung, berkat keuletan petugas pemadam kebakaran maka 1 blok gedung berlantai milik STKIP Bima di dekat gedung yang terbakar berhasil diselamatkan dari jilatan api.
Orang-orang yang berada di sekitar TKP menuturkan bahwa pada awal-awalnya kebakaran lagi kencang angin sehingga kobaran api makin menjadi-jadi. Hingga pukul 03.30 Wita barulah kobaran api berhasil dipadamkan oleh petugas Pemadam Kebakaran.
Setelah kebakaran sudah terlihat mereda maka sekitar seribu lebih warga yang memenuhi ruas jalan di luar kampus STKIP Bima tersebut membubarkan diri. Beberapa Wartawan dari berbagai Media di Bima yang meliput peristiwa kebakaran ini mulai meninggalkan TKP menjelang pukul 04.00 Wita.
Di TKP kebakaran STKIP Bima nampaknya para Wartawan belum mendapatkan sumber yang kompeten untuk dimintai konfirmasi khusus terkait peristiwa kebakaran gedung STKIP Bima. Namun, sumber yang tidak menyebutkan namanya menaksir nilai kerugian STKIP Bima akibat kebakaran ini di atas ratusan juta rupiah.
Sampai berita ini naik tayang, BeritAnda.com NTB belum mendapatkan sumber yang menyebutkan sebab musabab terjadinya kebakaran 1 blok gedung kampus tersebut. Sebagian orang di sekitar TKP hanya sebatas menduga-duga sementara saja soal penyebab kebakaran.
Dugaan sementara yang muncul orang-orang di sekitar lokasi TKP, kemungkinan karena konslet jaringan listrik. Karena memang di saat kebakaran gedung STKIP Bima pada Senin dinihari ini, rata-rata warga Mande dan sekitarnya sedang lelap tidur sehingga mereka tidak bisa memastikan dari mana sumber apinya.
"Begitu kami kesini tau-tau 1 blok gedung kampus ini ludes dilalap api," ucap sebagian orang yang melihat kebaran itu. (Suhairy)
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "STKIP Bima Terbakar"

Posting Komentar

Copyright 2009 LOVERS of WISDOM
Free WordPress Themes designed by EZwpthemes
Converted by Theme Craft
Powered by Blogger Templates