Warga Parado Melakukkan Aksi Prakondisi

Aksi Prakondisi
(Muhammad Alifuddin)


        Warga Parado dan puluhan Mahasiswa yang tergabung dari beberapa organisasi yakni Ikatan Mahaisiswa Pelajar Parado  (IMAPPA) Bima, Ikatan Pemuda Pelajar dan Mahaisiwa Parado Bima-Mataram (IPPERMA-PARBI) dan Ikatan Mahasiswa Parado Makassar (IMPAR), Jum`at (09/8) sekitar pukul 15.00 Wita menggelar aksi pemboikotan cabang tiga Kecamatan Parado. Pemboikotan jalan tersebut mengakibatkan aktifitas kendaraan dijalan tersebut terganggu.

          Tanpa disadari waktu terus bergulir setelah dua tahun lamanya pembicaraan persoalan pertambangan di kecamatan sedikit demi sedikit sudah mulai hilang. Akan tetapi, saat ini masyarakat kembali dikejutkan dengan rencana hadirnya investor pertambangan asing. Rencana tersebut mengakibatkan masyarakat resah, gelisah dan merasa tidak nyaman karena kehadiran pertambangan dapat menyusahkan masyarakat. Masyarakat tidak menginginkan insiden yang terjadi pada tanggal 24 Februari 2011 terulang kembali, dimana kasus penembakan terhadap masyarakat dan mahasisiwa yang memakan korban 12 orang luka-luka dan 2 orang yang diamputasi pada bagian kaki dan sampai sekarang masih dalam keadaan yang memprihatinkan.

          Dengan kembali hadirnya pertambangan di Kecamatan Parado yang dikelola oleh PT. Sumbawa Timur Mining (STM), dengan menekan struktur Pemerintah yang berada di Kec. Parado, dan sampai kemarin berita di dengar bahwa ada beberapa kali pertemuan yang di lakukkan oleh PT. tersebut dengan Pememrintah kecamatan parado, maka dari itu aksi tanda tangan darah pada kertas putih sebagai salah satu bukti bahwa seluruh masyarakat yang berada di kecamatan Parado serius menolak hadirnya pertambangan di Kecamatan Parado. ("Jika pertambangan masuk di wiilayah kecamatan Parado maka nyawa pun taruhannya,"Korban Penembakan")

             Selain itu, masyarakat Parado menyatakan bahwa tidak akan ada pertambangan selama kebutuhan pokok terpenuhi, karena masyarakat Parado dibesarkan dari hasil alamnya, yakni pertanian, peternakan, perikanan dan lebah madu sebagai sumber mencari nafkah.

        “Persoalan tambang hari ini tidak dibutuhkan sedikitpun oleh warga Parado, bahkan dengan tegas warga Parado akan melakukan aksi yang lebih besar lagi guna penolakan tambang tersebut, karena niat investor tersebut hanya akan merusak keharmonisan, ketentraman warga parado yang saat ini aman dan damai."katanya.

     Diharapkan kepada pemerintah, terutama Bupati Bima sebagai Kepala Daerah agar mengkaji ulang niatnya yang akan memasukkan kembali kegiatan pertambangan di Kecamatan Parado, karena itu akan sia-sia dan menimbulkan persoalan buruk yang membawa musibah bagi orang Parado. Jika tuntutan tersebut tidak didengarkan, maka kurang lebih 6 ribu warga Parado akan melakukan aksi penolakan, bahkan rela mempertaruhkan nyawa demi keluarnya kegiatan pertambangan dari Parado.

“Secepatnya kembalikan niat dan masukan ke dalam hati yang paling dalam permintaan masyarakat Parado, jika tidak maka kurang lebih 6 ribu warga Parado akan melakukan aksi sampai ketitik darah penghabisan" ancamnya. dan  Hari Kamis tanggal 22 Agustus  kami akan melakukan Aksi besar-besaran.,
  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

0 Response to "Warga Parado Melakukkan Aksi Prakondisi "

Posting Komentar

Copyright 2009 LOVERS of WISDOM
Free WordPress Themes designed by EZwpthemes
Converted by Theme Craft
Powered by Blogger Templates